Membangun Karakter Hasthalaku di Lingkungan Pendidikan Jawa Tengah

Solo Bersimfoni telah melaksanakan kegiatan Launching Program Sekolah Adipangastuti dan Workshop Pengembangan P5 Tema Bhinneka Tunggal Ika Program Sekolah Adipangastuti (Implementasi RAN PE) Tingkat SMA di Provinsi Jawa Tengah pada Senin – Selasa tanggal 14 -15 Agustus 2023 di Griya Persada Bandungan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan kick off Program Sekolah Adipangastuti tahun 2023 tingkat SMA di Provinsi Jawa Tengah. 

Foto bersama peserta workshop pengembangan P5 Tema Bhinneka Tunggal Ika Program Sekolah Adipangastuti (Implementasi RAN PE)

Peserta kegiatan adalah 14 SMA se Jawa Tengah yang ditunjuk sebagai Sekolah Adipangastuti, yang mana merupakan 7 sekolah lama dan 7 sekolah baru yaitu SMAN 1 Surakarta, SMAN 6 Surakarta, SMAN 1 Kartasura, SMAN 1 Gemolong, SMAN 3 Sragen, SMAN 2 Boyolali, SMAN 1 Karanganyar, SMAN 1 Semarang, SMAN 1 Ambarawa, SMAN 7 Surakarta, SMAN 1 Mojolaban, SMAN 2 Klaten, SMAN 1 Sumberlawang, SMAN 1 Wonogiri dan SMAN 1 Mojolaban. 

Sebanyak 42 kepala sekolah dan guru dari 14 sekolah pelaksana Program sekolah Adipangastuti menjadi peserta dalam kegiatan workshop tersebut. Selain itu hadir pula perwakilan dari BNPT yang memberikan penjelasan mengenai praktik baik dari implementasi Perpres No 7 tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Penanggulangan dan Pencegahan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE) yang akan dilaporkan pada I-KHUB BNPT melalui Kesbangpol Jawa Tengah.

Kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, dengan hadirnya Kabid Pembinaan Kebudayaan, Eris Yunianto, S.Pd., M.Pd., Kepala Cabang Dinas Wilayah I, Dr Siswanto, M.Pd., Kepala Cabang Dinas Wilayah V, Dr Sadimin, S.Pd., M.Eng., Pengawas SMA Cabang Dinas Wilayah VI, Drs Sunarto, M.Pd. dan Pengawas SMA Cabang Dinas Wilayah VII, Edi Purwanto, S.E., M.M.. Mereka hadir juga untuk menandatangai Memorandum of Understanding (MoU) antara SMA pelaksana Sekolah Adipangastuti dengan Solo Bersimfoni.

Sesi materi bersama Kepala Kesbangpol, I-KHUB BNPT, penandatangan MOU dan Management Information System (MIS)

Dukungan juga diberikan oleh Ketua Komisi E DPRD Jateng, Abdul Hamid, S.PdI., dan Kepala Kesbangpol Jateng, Haerudin, S.H., MH. Bapak Haerudin memaparkan mengenai implementasi Perpres No 7 Tahun 2021 tentang RAN PE kepada para peserta workshop. Abdul Hamid menjelaskan mengenai proses pembuatan Pergub RAD Kepemudaan yang sedang disusun oleh Solo Bersimfoni bersama Disporapar Jawa Tengah mengenai Pelayanan Kepemudaan di Provinsi Jawa Tengah.

Yang membedakan pelaksanaan Program Sekolah Adipangastuti sebelumnya dengan tahun 2023 adalah komponen hasil langsung dan pelaporannya yang menggunakan website yaitu pada mis.sekolahadipangastuti.id. Jika sebelumnya terdapat tiga komponen, maka pada tahun 2023 terdapat empat komponen yaitu (1) Branding dan Sosialisasi Hasthalaku, (2) Pengembangan Pembelajaran Berbasis Projek Literasi dan Digitalisasi, (3) Kegiatan Siswa, Guru dan Orang Tua/Wali, dan (4) Regulasi dan Fasilitasi Sekolah.

Komponen-komponen tersebut yang kemudian dimasukkan dalam Management Information System (MIS) melalui website mis.sekolahadipangastuti.id. Selain untuk melihat progress sekolah, MIS juga memberikan akses kepada semua sekolah untuk melihat progres dari sekolah lain. Pada akhir periode akan terpilih tiga SMA pelaksana Program Sekolah Adipangastuti dengan capaian tiga terbaik.

Jika pada tahun sebelumnya, pelaksanaan Program Sekolah Adipangastuti masih mencakup Soloraya. Maka pada tahun 2023, Program Sekolah Adipangastuti juga diterapkan di lingkungan pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Harapannya, nilai-nilai hasthalaku dapat menyebar semakin luas dan praktik baik yang sudah dilakukan dapat diadopsi oleh sekolah lain selain sekolah pelaksana Program Sekolah Adipangastuti.

Penulis Tia Brizantiana – Program Officer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *